ZIKIR YANG UTAMA - Cikiffah

by - 3:47 PM

Assalamualaikum.. hari ni saya mau share pasal ni pulak.. tidak payah membebel panjang2 lah kan... jom kita baca kat bawa ni.. semoga bermanfaat untuk semua...


Image result for nature wallpaper

Dzikir adalah ibadah yang dapat dilakukan kapan pun, dimana pun dan dalam kondisi apapun. Dzikir adalah amalan sederhana yang dapat dilakukan oleh siapapun baik dalam kondisi sempit maupun lapang. Dzikir membuat hati menjadi tenang dan semakin mendekatkan kepada sang Khaliq, Allah subhanahu wa ta’ala. Allah memerintahkan hambanya untuk banyak berdzikir. Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْراً كَثِيراً 

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS Al Ahzab: 41)

Seorang muslim hendaknya selalu membasahi lisannya dengan Dzikir. Berikut ini diantara bacaan dzikir yang memiliki keutamaan yang begitu besar:

Pertama:
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ

Artinya: “Tidak ada sesembahan yang haq kecuali hanya Allah.”

Kalimat tauhid ini adalah bacaan dzikir yang paling utama. Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya doa yang terbaik adalah membaca: Alhamdulillaah. Sedang dzikir yang terbaik adalah: Laa Ilaaha Illallaah.” (HR. Tirmidzi 3383, dihasankan Albani)

Kedua:
سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ

Artinya: “Maha Suci Allah dan aku memujiNya, Maha Suci Allah yang Maha Agung.”

Rasulullah bersabda, “Dua kalimat yang ringan di lidah, pahalanya berat di timbangan (hari Kiamat) dan disenangi oleh Tuhan Yang Maha Pengasih, adalah: Subhaanallaah wabi-hamdih, subhaanallaahil ‘azhiim.” (HR Bukhari 6406 dan Muslim 2694)



Ketiga:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: “Tidak ada Tuhan (yang hak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan. BagiNya segala pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu”

Rasulullah besabda, ““Barangsiapa yang membaca: Laailaaha illallaah wahdahu laa syariika lahu lahulmulku walahulhamdu wahuwa ‘alaa kulli syaiin qadiir, sepuluh kali, maka dia seperti orang yang memerdekakan empat orang dari keturunan Ismail.” (HR. Bukhari 6404 dan Muslim dengan lafazh yang sama 2693)



Keempat:

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Artinya: “Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah”

Rasulullah bersabda: “Wahai Abdullah bin Qais! Maukah kamu aku tunjukkan perbendaharaan Surga?” “Aku berkata: “Aku mau, wahai Rasulullah!” Rasul berkata: “Bacalah: Laa haula walaa quwwata illaa billaah (HR. Bukhari 6384 dan Muslim 2704)

Kelima:

سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ

Artinya: “Maha Suci Alah, segala puji bagi Allah, tidak ada sesembahan yang hak kecuali Allah, Allah Maha Besar.”

Rasulullah bersabda: “Perkataan yang paling disenangi oleh Allah adalah empat: Subhaanallaah, Alhamdulillaah, Laa ilaaha illallaah dan Allaahu akbar. Tidak mengapa bagimu untuk memulai yang mana di antara kalimat tersebut.” (HR. Muslim 2137)



Maraji’: Hisnul Muslim dan lainnya



Abu Zakariya Sutrisno. Riyadh, 17/12/1438H.

Artikel: SINI

You May Also Like

0 commest[s]